· Tujuan
1. Membuat program Java interaktif dengan menggunakan input dari keyboard
2. Menggunakan class BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard
melalui console
3. Menggunakan class JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard melaluiGUI (Graphical User Interface)
Pokok Bahasan
1. BufferedReader
2. JoptionPane
1. BufferedReaderTambahkan baris code ini pada awal source code Anda:
1. Membuat program Java interaktif dengan menggunakan input dari keyboard
2. Menggunakan class BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard
melalui console
3. Menggunakan class JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard melaluiGUI (Graphical User Interface)
Pokok Bahasan
1. BufferedReader
2. JoptionPane
1. BufferedReaderTambahkan baris code ini pada awal source code Anda:
·
Import java.io.*
·
·
Deklarasikan variabel sementara String untuk mendapatkan input, dan menjalankan
perintah readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard.
Anda harus menuliskannya di dalam blok try-catch. Menangani jika terdapat error
BufferedReader dataIn
= new
BufferedReader (new
inputStreamReader(
System.in) );
·
·
Deklarasikan variabel sementara String untuk mendapatkan input, dan menjalankan
perintah readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard.
Anda harus menuliskannya di dalam blok try-catch. Menangani jika terdapat error
·
Try {
String temp = dataIn.readline();
}
Catch (Ioexception e ) {
System.out.printIn (“error
in getting
input” ) ;
input” ) ;
}
·
2. JoptionPaneTambahkan baris code ini pada awal source code Anda:
2. JoptionPaneTambahkan baris code ini pada awal source code Anda:
Import javax.swing.*;
·
Tambahkan statement berikut ini:
Tambahkan statement berikut ini:
·
String name ;
Name=JoptionPane.showInputDialog(“please
Enter your name “);
Tidak ada komentar:
Posting Komentar