TUJUAN :
1. Konsep
Dasar Pemrograman Berorientasi Objek:
Class, Object, Attribute, Method, Constructor
Class, Object, Attribute, Method, Constructor
2.
Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek:
Encapsulation,
Inheritance, Polymorphisme
OOP Concept
:
PENGENALAN
OOP :
• Class:
- konsep dan
deskripsi dari sesuatu(rsw)
-
blueprint/cetakan
• Object:
-
instance dari class, bentuk (contoh) nyata dari class(rsw)
- hasil
cetakan dari class
IMPLEMENTASI
CLASS ATAU OBJECT :
NOTASI CLASS
:
CLASS MEMBER
– Atribut :
•Atribut /
Variable / State
- Variable
yang mengitari class, dengan nilai datanya bisa ditentukan di object (rsw)
- Variable
digunakan untuk menyimpan nilai yang nantinya akan digunakan pada program(rsw)
- Sesuatu
yang pasti dimiliki oleh class
NOTASI CLASS ATAU OBJECT WITH ATRIBUT & METHOD
:
CLASS MEMBER
– Method :
•Method /
Behaviour adalah urutan instruksi yang mengakses data dari object (rsw)
•Kegiatan
yang dapat dilakukan/dikerjakan oleh class.
•Method
melakukan:
1.Manipulasi data
2.Perhitungan matematika
3.Memonitor kejadian dari suatu event
•Jenis
Method:
―Method dengan return value
―Method tanpa return value
IMPLEMENTASI
METHOD :
KONSTRUKTOR
– Method :
•Method yang
identifier/namanya sama dengan nama Class
•Method yang
pertama kali di panggil pada proses instansiasi/pembuatan object
Karakteristik
Pemrograman Berorientasi Objek:
Encapsulation, Inheritance, Polymorphisme
Encapsulation, Inheritance, Polymorphisme
ENKAPSULASI
:
•Mekanisme
menyembunyikan suatu proses dan data dalam sistem untuk menghindari
interferensi, dan menyederhanakan penggunaan proses itu sendiri (rsw)
•Pembungkusan
attribut untuk menghindari akses illegal
IMPLEMENTASI
ENKAPSULASI :
•Enkapsulasi
data juga dapat dilakukan dengan cara:
1.mendeklarasikan
instance variable sebagai private
2.mendeklarasikan
method yang sifatnya public untuk mengakses variable tersebut
INHERITANCE
(Pewarisan) :
•Suatu class
dapat mewariskan atribut dan method kepada class lain (subclass), serta
membentuk class hierarchy
•Tujuan :
Reusability, Perluasan Attitude
•Java
Keyword: extends
POLYMORFISME
:
•Kemampuan
untuk memperlakukan object yang memiliki perilaku (bentuk) yang berbeda
•Implementasi
konsep polymorphism:
1. Overloading: Kemampuan untuk menggunakan nama yang sama
untuk beberapa method yang berbeda parameter (tipe dan atau jumlah)
2. Overriding: Kemampuan subclass untuk menimpa method
dari superclass, yaitu dengan cara menggunakan nama dan parameter yang sama
pada method
Tidak ada komentar:
Posting Komentar